Selasa, 23 Februari 2010

Cara Kerja Microsoft Excel

a. Sel


Excel menggunakan satuan penyimpan data yang disebut Cell/sel. Setiap sel mampu
menampung angka, label, atau rumus. Seperti terlihat pada gambar 2, kotak‐kotak
dalam tampilan Microsoft Excel tersebut menunjukkan sel. Operasi dalam Excel
dilakukan dalam sel tersebut.
Sel tersebut memiliki alamat sesuai dengan Baris dan Kolom. Kolom diwakili oleh huruf A
s/d Z,kemudian berlanjut AA,AB dan diakhiri dengan IV. Sedangkan baris diwakili oleh
Angka 1 s/d 65.536. Seperti tampak pada gambar 2, Cell Pointer terletak pada alamat
F13.

b. Perpindahan antar Sel


Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada
keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar
yang ada di bagian bawah dan samping kanan layar.

c. Range


Operasi dalam excel mengenal istilah range. Range adalah kumpulan dari beberapa sel.
Ini dapat berupa gabungan antara 2 sel s/d ribuan sel. Misalnya range antara B4 hingga
F17 maka disebut Range B4:F17.



d. Worksheet


Di sebelah kiri bawah program excel yang aktif akan tampak sheet 1, sheet 2 dan sheet
3. Ini menunjukkan lembar kerja (worksheet) yang disediakan oleh program excel. Dalam
satu file excel bisa terdiri dari beberapa worksheet sesuai kebutuhan.
  • Untuk menambah worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Insert >> Worksheet >> Ok
  • Untuk menghapus worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Delete >> Tekan Enter
  • Untuk mengubah nama worksheet gunakan langkah berikut ini Klik Kanan >> Rename >> Ubah nama worksheet
  • Untuk mengatur urutan worksheet gunakan langkah berikut iniv Klik Kanan >> Move or Copy >> Pilih akan dipindah ke mana

f. Mengedit Sel


Mengedit data dalam sel dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

  • Mengedit data dalam sel
Klik data pada sel >> Klik data pada formula bar >> Ketik data baru pada formula
bar >> Tekan tombol Enter.
  •  Menyalin data dalam sel
Pilih data yang akan disalin >> Klik Copy pada toolbar >> Pindahkan pointer ke

tempat yang diinginkan >> Klik Paste pada toolbar.

  • Memindahkan data

Pilih data yang akan dipindahkan >> Klik Cut pada toolbar >> Pindahkan pointer
ke tempat yang diinginkan >> Klik Paste pada toolbar
  • Menghapus data
Pilih data yang akan dihapus >> Klik Del pada keyboard

  • Menyisipkan/Menghapus Sel baris/kolom

Seringkali saat bekerja kita perlu menyisipkan/menghapus sel dalam worksheet
kita. Dua hal ini bisa dilakukan dalam baris maupun kolom, keduanya memiliki
kesamaan langkah sebagai berikut:

• Pilih sel yang ingin ditambahkan >> Klik Kanan >> Pilih Insert >> Pilih
Entire Row/Column (menambah seluruh baris/Kolom) atau >> Pilih Shift
Cell Down/Right (menambah 1 sel di kanan atau dibawah sel yang
dipilih)

• Pilih sel yang ingin dikurangi Klik Kanan >> Pilih Delete >> Pilih Entire
Row/Column (menghapus seluruh baris/Kolom) atau >> Pilih Shift Cell
Down/Right (menghapus 1 sel di kanan atau dibawah sel yang dipilih).


f. Jenis Data dalam Excel


Ada beberapa jenis data dalam excel, yaitu:

i. Data Angka

Adalah nilai dimana Excel bisa melakukan perhitungan berisi digit 0 s/d 9.
Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kanan
sel.

Data angka dapat diformat sesuai dengan fungsinya, seperti mata uang, tanggal,

jam, dsb. Untuk melakukannya gunakan langkah‐langkah berikut ini:
Pilih Sel yang akan diubah >> Format >> Cells >>Muncul
Gambar berikut :




Keterangan :
  •  Tab number : untuk format type data ( Nomor, mata uang, tanggal, waktu, persen dan teks )

  •  Tab alignment : format tampilan horizontal, vertikal, dan derjat kemiringan.

  • Tab Font : Format tulisan.

  • Tab Border : Format bingkai atau garis

  • Tab Patterrns : Format warna pada sel


  • Tab Protections : Mengunci atau menyembunyikan sel



ii. Data Rumus/Formula


Data yang saat menuliskan dalam sel diawali dengan tanda sama dengan (=).
Misalnya ingin menghitung hasil dari 5 dikali 3 maka rumus yang dituliskan di sel
adalah =5*3. Selain menulsikan langsung angka yang ingin dihitung, rumus dalam excel juga mampu melakukan perhitungan dengan memasukkan alamat

sel, misalnya alamat sel A3 dikali dengan sel B5 maka dituliskan =A3*B5. Pada
saat ditulsikan data akan berada di sebelah kiri sel, tetapi setelah ditekan tombol
enter maka data akan berubah menjadi hasil perhitungan dan terletak di sebelah
kanan sel.


iii. Data Teks
 
Data apapun yang bukan angka dan tidak diawali dengan tanda (=) akan

dianggap sebagai teks. Termasuk di dalamnya huruf, tanda baca, simbol, dll.
Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kiri
sel.


g. Membuat Tabel dan Grafik


Kekuatan lain dari excel adalah table dan grafik. Berikut ini akan diberikan cara untuk
menampilkan table dan grafik dalam excel.

a. Tabel

Dalam worksheet tampak garis‐garis tipis, sebenarnya itu adalah garis bantu yang
digunakan untuk membatasi ruang kerja di dalam sel. Untuk membuat table, sebenarnya
hanya perlu memunculkan garis batas tegas (border) di atas garis draf. Langkah yang
diambil adalah sbb:
Pilih sel yang ingin dibuat garisnya >> Pilih Format pada toolbar >> Pilih Cell >> Pilih Tab
Border >> Pilih Model dan Warna Garis >> Pilih penempatan pada Preset/Border >> Ok

b. Grafik


Untuk membuat grafik gunakan langkah‐langkah berikut ini:
Pilih Menu Insert pada Toolbar menu >> Klik Chart (atau cukup klik button chart di
toolbar) >> Isikan dalam Chart Wizard >> Step 1: Pilih bentuk Chart >> Step 2: Pilih area
sel yang akan digunakan untuk chart >> Step 3: Isikan keterangan table (judul, sumbu x
dan sumbu y) >> Step 4: Grafik akan diletakkan dimana >> Finish.

0 Comments:

Post a Comment