Selasa, 16 Maret 2010

Fungsi Lain pada Microsoft Excel

Fungsi Kelompok Text

1. Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
Contoh : =LEFT(Indosat,3), menghasilkan "Ind".

2. Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter. 
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
Contoh :  =RIGHT(Indosat,3), menghasilkan "sat".

3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
Contoh : =MID(Indosat,4,4), menghasilkan "osat".

4. Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf besar / kapital.
Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan "SAYA".

5. Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf kecil.
Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan "saya"

6. Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum.

7. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen
jumlah_karakter.
Contoh : =LEN(“Praktikum”) menghasilkan 9.

8. Concatenate : menggabungkan beberapa teks
Penulisan : =CONCATENATE(teks1,teks2,...)
Contoh : =CONCATENATE(Indosat,Semarang), menghasilkan Indosat Semarang.


0 Comments:

Post a Comment